Disusun guna memenuhi tugas
Mata Kuliah Praktek Mengajar Ipa
Dosen Pengampu: ferina S.Pd.,M.Pd

Disusun oleh:
Eni Dwi Astuti (10120045)
4A / PGSD
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
PGRI SEMARANG
2014
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
SD N 04 Tambakreja
Kelas / semester : V ( Lima ) / 1 ( Satu )
Tema / Subtema : 1.Benda-benda di lingkungan sekitar / 3.Manusiadan
lingkungan
Pembelajaran :
1
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit ( 1X pertemuan )
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percayadiri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
|
3.
Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
|
4.
Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar
IPA
3.4 Mengidentifikasi
perubahan yang terja di di alam, hubungannya dengan penggunaan
sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
sekitar.
4.7 Menyajikan
hasil laporan tentang permasalah anak akibat terganggunya keseimbangan alam akibat
ulah manusia, serta mempredik siapa yang akan terjadi jika permasalahan tersebut
tidak diatasi.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang
makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam
dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun dan syair
tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara.
A.
Indikator
IPA
·
Mengenal permasalahan akibat terganggunya keseimbangan
akibat ulah manusia.
·
Mengidetifikasi permasalahan akibat terganggunya keseimbangan
akibat ulah manusia.
Bahasa
Indonesia
·
Mengidentifikasi
ciri-ciri pantun dan syair.
·
Mengidentifikasi
persamaan dan perbedaan pantun dan syair.
·
Menceritakan ciri-ciri pantun dan syair.
·
Menceritakan
persamaan dan perbedaan pantun dan syair.
B. Tujuan
Pembelajaran
·
Dengan
kegiatan menceritakan siswa dapat mengetahui
ciri-ciri pantun dan syair dengan percaya diri.
·
Dengan
kegiatan menceritakan siswa dapat mengetahui persamaan dan perbedaan pantun dan
syair dengan cermat, teliti, dan percaya diri.
·
Dengan
kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasikan ciri-ciri pantun dan syair secara logis dan tepat.
·
Dengan
kegiatan mengamati, siswa dapat mengidentifikasikan perbedaan dan persamaan pantun dan syair dengan
cermat dan teliti.
C. Alokasi
Waktu
2 x 35 menit
D. Materi
Ajar
1.
Buku
2. Pantun, syair dan lingkungan
E. Pendekatan
/ Stategi / Metode
a. Pendekatan : Scientific
b. Metode : ceramah, Tanya jawab,
pemberian tugas, diskusi.
F. Kegiatan
Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Karakter
|
|
Pendahuluan
1.
Guru
mempersiapkan materi ajar, model, dan alat peraga
2.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menanyakan kabar
3.
Siswa
memimpin doa untuk mengawali pelajaran
4.
Guru
mempresensi murid
5.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar
semangat dalam mengikuti pembelajaran.
6.
Guru mengadakan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum
pembelajaran inti.
7.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang kegiatan,
dan tujuan yang akan dicapai pada kegiatan inti
|
(
|
-
Disiplin
-
Tanggung
jawab
-
Perhatian
-
Rasa
ingin tahu
-
Religius
|
|
KegiatanInti
1.
Kegiatan pembelajaran diawali dengan mengamati gambar
yang ada pada buku siswa.
2.
Siswa di bagi menjadi 3-4
kelompok.
3.
Siswadiminta untuk mengamati gambar yang ada di buku siswa.
4.
Siswa diminta memberikan pendapatnya tentang kegiatan
yang terjadi pada gambar tersebut.
5.
Guru mengulang kembali pembelajaran tentang kegiatan
manusia terhadap kondisi geografis suatu daerah.
6.
Siswadiminta memberikan dampak–dampak dari kerusakan
lingkungan akibat kegiatan manusia.
7. Guru menulis jawaban siswa di papan tulis.
8. Guru memberikan sebuah
gambar
9. Setelah mengamati gambar
yang ada pada buku siswa.
10. Guru mengulang kembali
pembelajaran tentang pantun dan syair.
11. Guru dapat meminta dua
siswa untuk maju ke depan.
12. Satu siswa membacakan
pantun yang ada di teks siswa.
13. Dan satu siswa lagi membacakan syair yang ada
di buku siswa.
14. Kedua siswa tersbut diminta
membacakan pantun dan syair dengan benar.
15. Siswa yang tidak maju
kedepan diminta untuk mengamati dan mendengar dengan penuh perhatian
16. Setelah selesai membacakan
pantun dan syair, siswa diminta mengemukakan pendapatnya tentang kegiatan yang
baru saja dilakukan.
17. Siswa diminta menjelaskan
tentang arti pantun dan syair secara berkelompok.
18. Guru membimbing siswa
agar kegiatan sesuai dengan topik yang sedang dibahas.
19. Setelai selesai
siswa diminta untuk membacakan hasil diskusi
|
(
|
-
Disiplin
-
Tanggung
jawab
-
Perhatian
-
Rasa
ingin tahu
-
Religius
-
Kerjasama
|
|
Penutup
1.
Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran
2.
Siswa
diminta kesempatan untuk mengerjakan lembar evaluasi
3.
Setiap
lembar evaluasi dikumpulkan kepada guru
4.
Guru
menutup pembelajaran dengan tindak lanjut berupa PR .
|
(
|
-
Disiplin
-
Tanggung
jawab
-
Perhatian
-
Rasa
ingin tahu
-
Religious
|
G.
Sumber
dan Media Pembelajaran
·
Media
pembelajaran
1.
Gambar
2.
Teks
Puisi
3.
Teks
syair
·
Sumber
Maryanto, dkk. Buku Siswa kelas 5 semester 1tema
benda-benda di lingkungan sekita,Sub Tema manusia dan lingkungan
H.
Penilaian
·
Penilaian Kelompok
Prosedur test :
Proses test
Bentuk test : Unjuk Kerja
·
Penilaian Individu
Prosedur
test : Post test
Bentuk
test : Unjuk kerja
·
Penilaian Individu
Prosedur
test : Post test
Bentuk
test : Uraian
Semarang, 30 September 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
Susi Lestari, S.Pd Eni
Dwi Astuti
NIP.
198765432 002 1 NPM.
12120045
LAMPIRAN
Cara
Penilaian
· Penilaian Kelompok
Jenis tes :Unjuk kerja
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Skor total
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1
|
Keberanian
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Kerapian
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan
jawaban
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
20
|
|||||
Nilai= skor total x 20 = 100
Rubrik
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
Keberanian
|
Masih
malu-malu
|
Cukup
percaya diri
|
Percaya
diri
|
Sangat percaya diri
|
|
2
|
Kerapian
|
Kurang
rapi
|
Cukup
rapi
|
Rapi
|
Sangat
rapi
|
|
3
|
Kerjasama
|
Kurang
kerjasama
|
Cukup
baik kerjasamanya
|
Baik kerjasamanya
|
Sangat
baik kerjasamanya
|
|
4
|
Ketepatan
jawaban
|
Kurang
tepat
|
Cukup
tepat
|
Tepat
|
Sangat
tepat
|
|
5
|
Keaktifan
|
Belum menunjukkanperilaku aktif
|
Sudah mulai menunjukkan keaktifan
|
Sudah menunjukkan keaktifan
dalam kegiatan
|
Dari awal hingga akhir kegiatan
terus menerus aktif
|
·PenilaianIndividu
Jenistes :Unjukkerja
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Skor total
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
1
|
Keberanian
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Sikap
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Kerapian
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketepatan jawaban
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
20
|
|||||
Nilai= skor total
x 20 = 100
Rubrik
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
Keberanian
|
Masih
malu-malu
|
Cukup
percaya diri
|
Percaya
diri
|
Sangat percaya diri
|
|
2
|
Kerapian
|
Kurang
rapi
|
Cukup
rapi
|
Rapi
|
Sangat
rapi
|
|
3
|
Sikap
|
Kurang
baik
|
Cukup
baik
|
Baik
|
Sangat
baik
|
|
4
|
Ketepatan
jawaban
|
Kurang
tepat
|
Cukup
tepat
|
Tepat
|
Sangat
tepat
|
|
5
|
Keaktifan
|
Belum menunjukkanperilaku aktif
|
Sudah mulai menunjukkan keaktifan
|
Sudah menunjukkan keaktifan
dalam kegiatan
|
Dari awal hingga akhir kegiatan
terus menerus aktif
|
·
PenilaianIndividu
Jenistes :Uraian
|
No
|
Nomor Soal
|
Skor
|
|
1
|
1
|
|
|
2
|
2
|
|
|
3
|
3
|
|
|
4
|
4
|
|
|
5
|
5
|
|
|
Jumlah
|
100
|
|
Nilai = skor total x 20 = 100
Rubrik
|
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
1
|
Keberanian
|
Masih
malu-malu
|
Cukup
percaya diri
|
Percaya
diri
|
Sangat percayadiri
|
|
2
|
kerapian
|
Kurang
rapi
|
Cukup
rapi
|
Rapi
|
Sangat
rapi
|
|
3
|
Sikap
|
Kurang
baik
|
Cukup
baik
|
Baik
|
Sangat
baik
|
|
4
|
Ketepatan
jawaban
|
Kurang
tepat
|
Cukup
tepat
|
Tepat
|
Sangat
tepat
|
|
5
|
Keaktifan
|
Belum menunjukkanperilaku aktif
|
Sudah mulai menunjukkan keaktifan
|
Sudah menunjukkan keaktifan
dalam kegiatan
|
Dari awal hingga akhir kegiatan
terus menerus aktif
|
JARING
- JARING TEMA
![]() |
|||||
![]() |
|||||


Tidak ada komentar:
Posting Komentar